Senin, 22 November 2010

BAB V PENUTUP

KESIMPULAN DAN SARAN

• Kesimpulan

Dari lima variabel yang telah diuji dan dianalisis dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Hubungan antar variable pembentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret adalah signifikan.
2. Variabel lokasi, promosi, harga, kelengkapan produk, dan pelayanan mampu membentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret.
3. Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret adalah variable harga.

• Saran

Dengan mengetahui bahwa lima variabel dapat membentuk kepuasan konsumen pada ritel minimareket Alfamart dan Indomaret,maka penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pengusaha ritel minimarket untuk lebih memahami konsumen dan menerapkannya dalam strategi pemasaran. Harga menunjukkan variabel yang paling mendominasi dalam membentuk kepuasan konsumen berbelanja pada ritel minimarket Alfamart dan Indomaret di Wilayah Jatiwaringin Jakarta Timur, Untuk variable-variabel yang lain perlu adanyaevaluasi dan peningkatan promosi dan pelayanan yang telah dilakukan agar kualitas dan kuantitas pada ritel minimarket dapat diterima dengan baik oleh para konsumen.

DAFTAR PUSTAKA

• Amir, Taufiq M. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
• Engel, James F. 1995. Perilaku Konsumen, Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.
• Firmansyah, Herry. 2005. Atributatribut Swalayan Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Hero Supermarket. Depok: Universitas Gunadarma.
• Indrakusuma, Johanes. Analisis Multi Atribut Yang Mempengaruhi Preferensi Belanja Online Produk Tiket Pesawat Di Kalangan Mahasiswa UKWMS.
• http://lpks1.wima.ac.id/pphks/a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar